[REVIEW] Dasoni Sparkling Soda Plain Sunstick - Sun Screen Aman Untuk Ibu Hamil

By R i z t ` - January 22, 2020


Hai beauties, balik lagi ke review sunscreen nih. Menurut aku sunscreen ini cukup unik karena ternyata bisa digunakan oleh anak-anak berumur minimal 15 bulan. Kok bisa? Ya karena kandungan dari sunscreen ini sangat aman sehingga dapat digunakan oleh ibu hamil atau anak bayi sekalipun. Sunscreen yang aku review ini adalah produk Korea yaitu Sparkling Soda Plain Sunstick dari brand Dasoni. Awalnya aku agak ragu apa kulitku bisa cocok dengan sunscreen berbentuk stick ini? Karena bentuknya sunstick, cara penggunaannya pasti ditempel lalu diusapkan ke wajah, yang mana bisa membuat kulitku meradang karena gesekan antara kulit dengan sunstick. Akhirnya gimana? Baca dulu reviewnya sampai selesai ya, nanti nemu jawabannya deh :D


Packaging
Simpel banget packagingnya semua, kombinasi warna putih dan biru muda, plain dan super simpel. Tubenya berbentuk water drop / tetesan air, agak unik dan ngebantu banget untuk menjangkau area yang agak sempit kayak dibawah mata dan lekuk tulang hidung. Sayangnya keterangan di box masih dalam tulisan korea (hangeul) jadi enggak bisa baca ingredientsnya apa aja huhu. Aku baca ingredients cuma di websitenya aja, itu pun pakai google translate yang pakai kamera.

Ingredients
Bahan utama sun stick ini adalah sparkling water (air berkarbonasi). Ada yang pernah baca tentang sparkling water? Coba deh googling dulu, banyak kok artikel tentang manfaat sparkling water terhadap kecantikan kulit.

Texture
Padat seperti deodorant stick. Cara penggunaannya juga seperti deodorant, tinggal di swipe aja, ratakan ke seluruh area wajah. Wanginya? Menurut aku agak enggak ada wanginya sih, dan enggak bau juga jadi ya biasa aja.


Results
Waktu aku pakai rasanya di wajah agak berat karena memang lembap banget hasilnya. Bagusnya sikon kayak gini tuh sunscreennya bisa jadi primer sekalian karena muka udah lembap polll! Jadi enggak perlu pakai primer lagi, cukup pakai sunscreen aja lalu pakai cushion atau foundie, langsung cucok deh make up nya nempel di kulit. Untuk ketahanannya menurut aku oke banget sih karena aku biasanya pakai dari pagi sampai sore dan enggak re-apply. Tapi balik lagi ke sikon daily kalian seperti apa, kalau biasanya kalian di outdoor ya sebaiknya pas siang mukanya dibersihin dulu, baru re-apply sunscreennya. Tapi kalau di indoor dan kena AC terus sih enggak perlu re-apply menurut aku ya.

Kenapa aku bilang sunscreen ini aman untuk ibu hamil? Karena sunscreen ini tipenya physical sunscreen, dimana cara kerja physical sunscreen adalah membentuk shield (tameng) yang dapat menangkal sinar UV agar tidak menembus kulit. Makanya physical sunscreen ini biasanya disebut juga sun block, karena cara kerjanya adalah dengan membuat tameng untuk kulit kita.

Mengapa physical sunscreen lebih aman untuk ibu hamil daripada chemical? Karena umumnya  pada kandungan chemical sunscreen terdapat beberapa bahan yang dilarang untuk ibu hamil, seperti : Oxybenzone, Homosalate, 4-Methylbenzylidene Camphor, Octocrylene, dan Para-aminobenzoic Acid. Kandungan pada chemical sunscreen lebih mudah 'rusak' ketika terpapar matahari secara langsung, jadi butuh untuk di re-apply. Sedangkan physical sunscreen umumnya mengandung Titanium Dioxide atau Zinc Dioxide yang enggak mudah 'rusak' saat terpapar matahari secara langsung, sehingga tahan lebih lama dan enggak perlu di re-apply berulang kali.

Pros
  • Long lasting, enggak perlu re-apply, di aku sih 8 jam masih oke.
  • Bisa jadi primer karena bikin kulit jadi lembap banget.
  • Simpel banget tinggal swipe enggak perlu diratain pakai jari.
  • Karena bentuknya stick jadi aman banget buat dibawa travelling, enggak takut tumpah.
Cons
  • Agak white cast, tapi kalau ditimpa foundie atau cushion sih harusnya enggak terlalu keliatan white cast-nya ya.
  • Berat di wajah karena super lembap.
Secara keseluruhan sih aku suka aja ya pakai sunstick ini karena simpel banget enggak perlu pakai jari lagi untuk ratain sunscreennya, karena bentuknya water drop gitu jadi sampai ke sudut mata pun bisa dijangkau. Harganya sekitar Rp. 199.000,- menurutku sesuai aja sih sama kualitas dan emang bisa dipakai untuk kurang lebih 3 bulan. Kenapa lama banget? Ya karena bentuknya stick dan enggak perlu sering re-apply jadi lebih irit penggunaannya.

Sekian review dari aku, semoga bermanfaat untuk kalian.

Love,
R i z t `

  • Share:

You Might Also Like

0 comments