[REVIEW] Emina 2in1 Walnut Scrub Mask, Amankah Untuk Kulit Sensitif?

By R i z t ` - January 29, 2020

Review Emina 2in1 Scrub Mask Walnut
Emina 2in1 Scrub Mask with Walnut

Hai welcome to my first review about Emina. Yap, ini review pertama aku tentang produk Emina. Dari dulu mau beli produknya Emina tapi maju mundur, agak kurang tertarik gitu sama produknya. Dulu pernah sekali aku beli sheet mask-nya Emina tapi enggak cocok di aku, dan semenjak itu aku enggak pernah beli produk Emina lagi. No offense yaa, fans Emina jangan ngamuk please haha. Nah akhirnya waktu aku liat produk ini aku tertarik untuk beli karena judulnya SCRUB. Ya aku beli karena ini scrub, jadi aku mau coba. Walaupun kulitku sensitif, tapi aku lebih cocok pakai scrub dibanding pakai chemical exfoliate seperti toner dan peeling gel/spray.

Awalnya aku agak ragu karena bahan utama scrub ini adalah Walnut yang mana merupakan bahan kontroversial. Kontroversial gimana maksudnya? Silahkan langsung aja Googling tulis 'Walnut Scrub' pasti ada beberapa artikel yang menyatakan bahwa Walnut Scrub berbahaya untuk kulit. Tapi.. Apakah Emina 2in1 Walnut Scrub Mask ini berbahaya juga? Mari deh dibaca sampai habis.


Review Emina 2in1 Scrub Mask Walnut

Packaging
Seperti produk Emina lainnya, packaging scrub ini juga simpel dan warna pastel, campuran warna peach, cokelat dan putih. Sayangnya keterangan lengkap hanya terdapat di box, sedangkan di jar hanya terdapat nama produk dan tanggal expired. Menurutku penting untuk mencantumkan PAO dan keterangan ingredients, ditakutkan ada orang yang alergi Walnut atau bahan lain yang terdapat di produk ini tapi menggunakan scrub tanpa mengetahui ingredientsnya, karena enggak ada keterangannya di jar.

Cara pakainya disini ada dua, bisa digunakan langsung sebagai scrub ataupun masker. Untuk digunakan sebagai scrub cukup aplikasikan dan pijat lembut wajah dengan gerakan memutar lalu bilas hingga bersih menggunakan air. Kalau mau dijadikan masker, gunakan seperti masker pada biasanya yaitu aplikasikan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas menggunakan air. Nah aku sendiri biasanya aku jadiin masker, waktu bilas aku sambil pijat pelan scrubnya.

Pada packaging disarankan untuk menggunakan 2-3 kali dalam seminggu. Tapi aku sendiri hanya pakai 1 kali dalam seminggu.

Ingredients
Aqua, Propanediol, Glycerin, Kaolin, Dipropylene Glycol, Hydrated Silica, Glycereth-26, Juglans Regia (Walnut) Shell Powder, Sodium Polyacrylate, Phenoxyethanol, Silica, Xanthan Gum, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Chlorphenesin, Sodium Hydroxide, Vaccinium Myrtillus Fruit Extract, Carbomer, Disodium EDTA, Saccharum Officinarum (Sugar Cane) Extract, Butylene Glycol, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Actinidia Polygama Fruit Extract.

Review Emina 2in1 Scrub Mask Walnut
Review Emina 2in1 Scrub Mask Walnut

Texture
Menurutku pantas kalau Walnut Scrub dinyatakan berbahaya untuk kulit. Dulu scrub walnut yang dipermasalahkan adalah produk milik Kylie Jenner karena menyebabkan kerusakan kulit dan membuat kulit jadi lecet. Banyak pihak mengatakan bahwa walnut memiliki tekstur yang kasar sehingga walaupun di giling sampai jadi bubuk tetap terasa kasar karena kulit walnut memiliki tepi yang bergerigi.

Menurutku tekstur Walnut Scrub milik Emina ini juga agak kasar walaupun sebetulnya butiran scrub-nya termasuk ukuran normal cenderung kecil. Ada beberapa butiran yang agak besar namun jika dilihat lebih banyak butiran kecilnya. Waktu aku pijat di kulit memang terasa agak 'tajam' di kulit aku. Nah apakah Emina 2in1 Scrub Mask ini aman untuk kulitku yang sensitif ini?

Review Emina 2in1 Scrub Mask Walnut

Results
Aku udah coba scrub ini 2 kali, aku gunakan hanya 1 kali dalam seminggu. Di minggu pertama kulitku baik-baik aja mungkin karena di minggu pertama ini aku pijat dengan sangat pelan. Tapi di minggu kedua aku mencoba pijat dengan agak ditekan sedikit tapi enggak lama, dan hasilnya kulitku agak beruntusan seperti agak radang, tapi enggak parah hanya di bagian pipi (cheek) karena pipiku memang mudah radang. Jadi scrub ini bagus atau tidak untuk kulit sensitif?

Untuk menyimpulkan penilaian scrub ini mari kita cek dulu claimnya. Dari keterangan yang ada di packaging claim-nya adalah mengangkat kotoran dan sel kulit mati, juga membuat kulit terasa lembap, halus dan kenyal. Dari lima claim tersebut semuanya terbukti benar. Setelah aku menggunakan scrub ini memang hasilnya kulit jadi lebih bersih, lembap, halus dan kenyal.

Kesimpulannya, claim terbukti benar, TAPI untuk hasilnya balik lagi ke kulit masing-masing. Mungkin aku akan gunakan scrub ini hanya 1 kali dalam dua minggu untuk menghindari peradangan kulit karena kulitku sensitif. Kalau kulit kamu normal mungkin bisa gunakan 1-2 kali dalam seminggu. Saranku sebaiknya setelah menggunakan scrub, silahkan gunakan moisturizer, hydrating toner, atau soothing gel yang bisa mendinginkan kulit agar kulit kamu tetap terjaga hidrasinya dan lebih calming.

Pros
  • Hasilnya sesuai claim.
  • Harga terjangkau, sesuai dengan kualitas.
Cons
  • Butiran scrub agak kasar.
Jadi apakah aku merekomendasikan produk ini untuk kulit sensitif? Tidak. Aku enggak akan merekomendasikan scrub ini ke kulit sensitif. Tapi kalau kulit kamu normal silahkan pakai karena memang membuat kulit jadi lebih bersih, halus dan kenyal. Ingat ya hasil penggunaan balik lagi ke kulit masing-masing. Yang cocok di aku belum tentu cocok di kamu, dan yang enggak cocok di aku juga belum tentu enggak cocok di kamu. :)

Oh ya karena bahan utama scrub ini adalah walnut (kacang kenari), jadi bagi kamu yang punya alergi kacang sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dulu agar bisa memastikan apakah aman atau tidak untuk kulit kamu. Cara tes alergi gampang kok, cukup oles sedikit scrubnya ke area belakang telinga, diamkan selama 24 jam. Kalau kulit kamu baik-baik aja, berarti scrub ini aman untuk kulit kamu. Tapi kalau muncul tanda seperti gatal atau panas sebaiknya jangan gunakan scrub ini ya.

Sekian review dari aku semoga membantu untuk kalian yang mau coba produk ini tapi masih galau hehe. See on my next post!

Love,
R i z t `

    • Share:

    You Might Also Like

    18 comments

    1. baru aku tau nih kalo Emina mengeluarkan varian product skincare scrub mask yang berbahan baku walnut. Dan aku penasaran juga buat cobain di rumah Emina 2in1 Walnut Scrub Mask

      ReplyDelete
      Replies
      1. cuss cobain mbak, bikin kulit jadi bersih kok :D

        Delete
    2. kulit wajah aq agak kurang cocok pakai apapun yg berbentuk scrub, tapiii aq demen pakainya krn lebih terasa mengangkat kotoran diwajah jd aq akali dg penggunaan hanya 1x dalam 1 minggu, jd pg coba juga ini emina walnut scrub, btw harganya brp yah ini

      ReplyDelete
    3. aku baru tahu kalau emina punya 2in1 Walnut Scrub Mask, butirannya agak sedikit harsh di kulit ya? aku jadi penasaran pengen coba beli juga

      ReplyDelete
    4. Penasaran deh pengen cobain aku tuh, tapi takut karna kasar ya ternyata butirannya.

      ReplyDelete
    5. teksturnya ngingetin aku sama scrub mask yang hype dari Korea pada zamannya haha kulitku juga sensitif, suka ngga tahan sama scrub yang terlalu kasar malah jadinya kemerahan dikulitku

      ReplyDelete
    6. kebetulan kulitku agak sesnsitif, sepertinya pakai ini bisa 2 minggu sekali aja ya mBa, penasaran pengen coba deh

      ReplyDelete
    7. kulitku trmasuk sensitif nih beb. klo nyoba produk baru suka bruntusan

      ReplyDelete
    8. Uda lama aku ga ngikutin emina, skrg bnyk produk barunya, dulu ak suka yg apricot mask, pngn coba yg walnut ini jg. Tp mst hati2 sma butirannya yg agak kasar yah kayaknya

      ReplyDelete
    9. Kalo sama st. Ives yg oat lbh halus mana butiran scrubnya?

      ReplyDelete
    10. aku juga punya ini kak, grgr liat kakak review aku jadi inget dan pengen make lagi ;3

      ReplyDelete
    11. Emina ternyata rangkaiannya lengkap yaa...
      Aku belum pernah ke storenya...padahal ada di salah satu mall di Bandung yang lumayan sering aku kunjungi.
      Aku pikir, Emina ini sasaran produknya untuk para remaja.

      ReplyDelete
    12. Oohh ini ternyata produk emina. Aku penasaran apakah kulit wajah butuh discrub juga, secara kab dia lebih sensitif ya dari kulit lainnya. Dan kenapa ya aku selalu jerawatan dan bruntusan kalo pake produk merk ini padahal cuma sabun cuci muka plus pelembab aja

      ReplyDelete
    13. Wah boleh-boleh nih aku rekomendasikan ke anak gadisku. Dia kebetulan pake Emina juga. Tapi belom punya mask-nya. Semoga dia bisa cocok juga.

      ReplyDelete
    14. wah aku juga kulitnya sensitif kayak kamu beb.. sepertinya aku bakal skip produk ini, karena suka ga cocok sama scrub yang kasar :((

      ReplyDelete
    15. udah cobain emang enak bnaget neh di kulit hasilnya ya kak. Harganya juga sangat terjangkau.

      ReplyDelete
    16. Kulitku termasuk yang dibilang badak sih sama rangorang, ga gampang terefek dengan kosmetik atau skincare apa aja. Bisa kalik ya pake walnut scrub ini. Ini aku lagi pake yang scrub mask pake oats, juga ada butiran-butiran kasarnya gitu. Asalkan mijetnya enggak terlalu keras, gapapa untuk kulitku.

      ReplyDelete
    17. Wahhh saya baru dengar nih ada skincare merek Emina. Jadi penasaran pengen coba juga deh

      ReplyDelete